Wednesday, October 10, 2007

2 Perawat RS Awal Bros Pekanbaru Suspect Flu Burung

2 Perawat RS Awal Bros Pekanbaru Suspect Flu BurungChaidir Anwar Tanjung - detikcom

-->Pekanbaru - Dua tenaga medis RS Awal Bros Pekanbaru dinyatakan suspect flu burung. Sebelumnya, mereka pernah kontak langsung dengan pasien flu burung yang meninggal.

Penetapan kedua wanita tenaga medis di RS Awal Bros di Jl Sudirman, itu, berdasarkan Standar Operasional Penanganan (SOP) pasien flu burung dan yang pernah melakukan kontak langsung. Kedua perawat dengan inisial NI dan MR itu sampai kini masih dalam pengawasan.

"Sebelumnya kedua tenaga medis itu sempat mengalami demam tinggi sampai 38 derejat. Walau kini sudah mereda, tapi sebagaimana standar operasional penanganan flu burung, maka dengan sendirinya keduanya dinyatakan suspect flu burung," terang Kasubdin Pelayanan Medis dan Gizi, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Burhanudin Agung, di ruang kerjanya Jl Cut Nyak Dien, Pekanbaru, Rabu (10/10/2007).

Namun demikian, Agung tidak berani menyebut hal itu sebagai bukti awal adanya penularan virus flu burung dari manusia ke manusia. Selama ini penyebaran virus baru diketahui dari unggas ke manusia.

"Selama ini memang belum pernah adanya pelunaran virus flu burung itu dari manusia ke manusia. Walau demikian, status kedua tenaga medis ini sekarang menjadi perhatian khusus dari Depkes Pusat untuk diteliti lebih lanjut," terang Agung.

Agung juga menjelaskan, walau suspect flu burung, kedua tenaga medis RS Awal Bros ini tidak dikirim ke ruang isolasi khusus perawatan pasien flu burung di RSUD Arifin Ahmad. Sebab kondisi keduanya mulai membaik.

"Keduanya tidak perlu rawat inap di ruang isolasi flu burung. Hal itu dimungkinkan karena kondisi keduanya mulai sehat dan tidak lagi mengalami gejala klinis lainnya. Kedua perawat itu cukup diawasi oleh para medis di RS Awal Bros sendiri," terang Agung.

Jumat pekan lalu, pasien RSUD bernama Linda (44) meninggal. Hasil diagnosa menyebutkan, wanita warga Kecamatan Rumbai, Pekanbaru ini positif terjangkit virus flu burung.

Sebelum di rujuk ke RSUD Arifin Ahmad, almarhum Linda ini sempat dirawat di RS Chevron dan RS Awal Bros. Namun kedua rumah sakit itu tidak mengetahui bila pasien yang tengah mereka tangani terjangkit virus flu burung.

Belakangan baru diketahui korban terjangkit virus flu burung setelah dirujuk ke RSUD Arifin Ahmad. Mengingat kondisinya yang sangat lemah, akhirnya wanita paruh baya ini meninggal. Selama di RS Awal Bros, Linda dirawat oleh kedua perawat tersebut. (cha/djo)

Sumber: www.detik.com

10/10/2007 12:08 WIB

No comments:

Google Translate

Video

Loading...

Adventist News Network

ReliefWeb: Latest Vacancies (in UN--United Nations)