Wednesday, October 24, 2007

(AADD4) ADA APA DENGAN D4?

(AADD4) ADA APA DENGAN D4?
Minggu, 17 Juni 2007

Ratusan Mahasiswa Tolak D4 Keperawatan
Ratusan mahasiswa yang tergabung Aliansi Mahasiswa Peduli Profesi Keperawatan menggelar demo di Poltekkes Negeri Semarang, Tembalang, Sabtu (16/6). Aksi mahasiswa dari Undip, Unsoed, UGM, UMY, Stikes Ngudi Waluyo, Unibraw, dan Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (ILMIKI) itu, pada intinya menolak berdirinya D4 keperawatan. Selain itu, mereka juga menuntut dilakukan pembubaran terhadap program D4 keperawatan yang dinilai telah berjalan tanpa legalitas. Koordinator aksi Risko Karim mengatakan, lahirnya jenjang pendidikan D4 Keperawatan itu merupakan suatu langkah tidak menghargai dan menghormati perawat sebagai sebuah profesi.''
Profesi keperawatan dipandang tidak lebih dari lahan empuk dan subur untuk dijadikan tumbal dan dapat menghasilkan keuntungan. D4 Keperawatan tidak tercantum dalam dunia profesi. Selain itu, merupakan duri yang menyayat hati profesi keperawatan,'' kata dia di sela-sela orasinya.
Aksi yang digelar mulai pukul 08:30 di Gedung Serba Guna (GSG) Tembalang itu, kemudian dilanjutkan ke kampus Poltekkes. Ratusan mahasiswa berjalan sejauh 500 meter sembari mengusung keranda sebagai simbol rasa duka cita terhadap profesi keperawatan.
Risko menambahkan, hasil lokakarya PPNI tahun 1983, menyepakati keperawatan adalah pelayanan profesional. Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Kedinasan memaparkan, pendirian Poltekkes dalam wewenang Depkes bertujuan mendidik pegawai negeri atau calon pegawai negeri di bidang kesehatan.
Ketua Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Negeri Semarang, H Purwanto Wardhono SKM DPHN MM mengatakan, penyelenggaraan program D4 Keperawatan sudah menjadi kebijakan Depkes. ''D4 diadakan setelah melalui studi dan penelitian cukup panjang, di mana kebutuhan tenaga terampil tingkat lanjut pasca D3 sangat dibutuhkan,'' kata dia. (Apr, J14-56)

No comments:

Google Translate

Video

Loading...

Adventist News Network

ReliefWeb: Latest Vacancies (in UN--United Nations)