Monday, December 11, 2006

Rokok Perparah Nyeri Sendi

Rokok Perparah Nyeri Sendi

Merokok bisa menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin itu sudah terbukti bahkan menjadi label wajib di setiap bungkus rokok. Kalau menyebabkan nyeri sendi? Kedengarannya aneh.

Begitulah adanya temuan baru mengenai bahaya rokok bagi kesehatan. Selama tubuh tidak terserang osteoathritis, mungkin dampaknya tidak terasa. Tapi, pria yang menderita bengkak sendi ini akan merasa ja
uh lebih nyeri jika ia perokok. Tingkat kerusakan tulang rawan di persendian pada perokok juga lebih tinggi.
Penelitian ini melibatkan 159 pria yang menderita osteoathritis. Masing-masing dilihat tingkat kerusakan tulang rawan di persendiannya dan diminta mengungkapkan seberapa berat nyeri yang dirasakannya. Dengan nilai tertinggi 100 untuk rasa paling nyeri, penderita yang merokok rata-rata memberikan nilai 60 sedangkan yang tidak hanya 45.

"Ini temuan yang aneh," kata Dr. Shreyasee Amin, seorang pakar rematik di Mayo Clinic. Amin adalah peneliti utama yang melaporkan hasil penelitian tersebut dalam Annals of the Rheumatic Disease edisi online terbaru.
Ia mengaku tidak tahu bagaimana hubungan sebab akibat rokok dengan serangan osteoathritis. Namun, ia mengungkapkan beberapa kemungkinan. Di antaranya, rokok mungkin merusak sel dan mencegah perkembangbiakannya. Rokok mungkin meningkatkan tekanan oksidasi yang mempercepat rusaknya tulang rawan atau meningkatkan kandungan karbon monoksida dalam darah yang menyebabkan jaringan tidak mendapat pasokan oksigen cukup.

Para peneliti yakin apapun kaitannya sebab selama ini rokok memang menimbulkan risiko kesehatan yang sangat luas. Dampak ini perlu diperhatikan dengan seksama mengingat osteoathritis merupakan salah satu penyakit utama yang banyak menyerang orang yang berusia lanjut.

Sumber: LiveScience.com
Penulis: Wah

No comments:

Google Translate

Video

Loading...

Adventist News Network

ReliefWeb: Latest Vacancies (in UN--United Nations)