Wednesday, December 06, 2006

Tips : Mencegah Komedo

Tips : Mencegah Komedo

Dear Netters,

Komedo muncul karena pori-pori kulit tersumbat oleh minyak (sebum), lapisan sel tanduk serta adanya bakteri permukaan kulit. Penanganan yang salah bisa meninggalkan bekas. Bagaimana mencegah dan menghilangkannya secara aman?

1. Gunakan produk-produk kecantikan yang mencantumkan keterangan noncomedogenic (tidak menutup pori-pori dan tidak menyebabkan komedo), oilfree, serta produk dengan bahan dasar air (water based skin care product).

2. Bersihkan wajah dua kali sehari secara rutin. Namun jangan berlebihan, karena malah membuat kandungan minyak wajah sebagai pelembab alami hilang.

3. Jangan pernah memencet hidung untuk menghilanglan komedo! Cara ini justru akan membuat kulit kemerahan dan meradang. Pori-pori pun akan bertambah besar.

4. Ingin cara sederhana? Ambil sebutir telur. Kocok putihnya hingga berbusa. Lalu, basahi kapas bersih dengan putih telur dan tempelkan pada hidung. Diamkan hingga kapas benar-benar kering (kurang lebih satu jam), kemudian angkat kapas dari hidung. Anda akan terkejut dengan banyaknya komedo yang menempel pada permukaan kapas. Jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan air hangat sesudahnya.

5. Bisa juga scrubbing di area hidung. Sebelumnya lakukan steam dengan cara menguapi wajah dalam baskom berisi air hangat dan tutupi kepala dengan handuk lebar. Ini akan membuat pori-pori terbuka dan memudahkan proses scrubbing. Lalu, gosok secara perlahan daerah hidung dengan scrub wajah. Atau gunakan scrub dari buah pepaya yang bisa anda buat sendiri di rumah. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih dan tutup kembali pori-pori dengan memakai toner. Lakukan perawatan ini maksimal tiga kali dalam seminggu.

6. Jika komedo tetap membandel, segeralah konsultasi dengan dokter kulit/dermatologist. Dimana Anda akan mendapatkan produk denan kandungan Retin-A, yang berfungsi sebagai exfoliant, untuk membuka pori-pori yang tersumbat, menelupas sel kulit mati dan membersihkan komedo. (Nova)

sumber:
kompas.co.id

No comments:

Google Translate

Video

Loading...

Adventist News Network

ReliefWeb: Latest Vacancies (in UN--United Nations)