Wednesday, December 27, 2006

Mencegah Gula Darah Rendah

Mencegah Gula Darah Rendah

Minggu, 10 Desember 2006

Ibu saya sudah tujuh tahun ini menderita diabetes melitus. Beliau cukup patuh pada diet dan juga rajin minum obat penurun gula darah. Hanya saja, karena usia beliau yang sudah 67 tahun, maka kegiatan olahraga kurang berjalan.
Beliau lebih banyak di rumah dan berolahraga hanya dengan berjalan kaki mengelilingi halaman rumah yang cukup luas.
Selama menderita kencing manis, beliau pernah dua kali dirawat di rumah sakit. Perawatan pertama atas alasan infeksi paru (pneumonia) dan juga gula darah yang meningkat. Beliau dirawat sekitar 10 hari dan dapat aktif kembali setelah itu.
Perawatan kedua baru saja dua minggu lalu karena rasa lemas dan banyak keringat yang ternyata disebabkan penurunan gula darah berlebihan (hipoglikemia). Selama ini memang beliau rajin memeriksa gula darah, baik ke laboratorium, biasanya sebulan sekali, maupun menggunakan alat pengukur gula darah di rumah.
Beliau amat khawatir jika gula darahnya di atas yang dianjurkan dokter sehingga jika lebih tinggi, beliau biasanya mengurangi makan agar gula darah tersebut masuk ke kategori terkendali. Beliau minum obat penurun gula darah setiap pagi satu tablet.
Sewaktu perawatan kedua, dokter telah menjelaskan secara sepintas faktor penyebab gula darah rendah dan cara penanggulangannya. Namun, penjelasan tersebut disampaikan kepada adik saya yang kebetulan tidak serumah dengan ibu. Saya berusaha mendapat informasi dari adik saya cara mencegah penurunan gula darah agar ibu tak mengalami hipoglikemia berulang, tetapi penjelasan tersebut tidak lengkap sehingga saya mohon Dokter menginformasikan penyebab, bahaya, dan cara penanggulangan hipoglikemia.
Apakah ada brosur tertulis yang dapat menjadi pegangan bagi keluarga penderita diabetes melitus agar keadaan hipoglikemia dapat dicegah? Atas perhatian Dokter, saya ucapkan terima kasih.

J di B
Salah satu tujuan terapi diabetes melitus adalah mencapai gula darah yang terkendali. Jika gula darah terkendali baik, diharapkan komplikasi kronik diabetes melitus dapat dikurangi.
Kriteria pengendalian gula darah pada keadaan puasa adalah 80-120 mg/dl (baik), 120-140 mg/dl (sedang), dan jika >140 mg/dl termasuk kurang terkendali. Sementara gula darah pada keadaan dua jam setelah makan adalah 120-160 mg/dl (baik), 160-200 mg/dl (sedang), dan >200 mg/dl (kurang). Selain pengendalian gula darah, hendaknya juga dikendalikan berat badan, tekanan darah, dan kadar lemak.
Pemeriksaan gula darah memang dapat dilakukan juga di rumah, tetapi hendaknya cara memeriksa sendiri dengan alat glukometer perlu dipahami dengan baik. Sehabis membeli alat, tanyakan cara yang benar untuk menggunakannya. Hasil pemeriksaan ada baiknya secara berkala dibandingkan dengan hasil gula darah yang diperiksa di laboratorium.
Penyebab penurunan gula darah paling sering adalah obat penurun gula darah, baik berbentuk tablet (yang sering obat golongan sulfonilurea) maupun suntikan insulin. Penyebab lain, makan kurang dari yang dianjurkan, berat badan turun, dan olahraga berlebihan.
Obat penurun gula darah atau takaran suntikan insulin yang dianjurkan dokter telah disesuaikan dengan asupan kalori makanan dan kegiatan sehari-hari. Jika asupan makanan berkurang, sedangkan dosis obat penurun gula darah tetap, akan timbul risiko hipoglikemia.
Gejala hipoglikemia dapat timbul ringan sampai berat. Gejala yang ringan berupa mual, lemah, lesu, dan keringat dingin. Gejala berat dapat berupa penurunan kesadaran. Obat penurun gula darah dapat memberi tanda hipoglikemia lebih berat dan dapat lebih dipastikan serangan hipoglikemianya.
Jika gejala-gejala tadi timbul, harus juga segera diperiksa gula darah penderita. Tanda hipoglikemia biasanya muncul bila gula darah <50 mg/dl, meski adakalanya gejala hipoglikemia sudah timbul meski gula darah di atas 50 mg/dl.
Pengobatan hipoglikemia jika pasien masih sadar adalah dengan pemberian gula murni dua sendok makan (30 g) atau sirop, permen, dan makanan yang mengandung karbohidrat. Sementara pada keadaan lebih berat (kesadaran menurun) penderita harus segera ditolong di rumah sakit agar dapat diberikan larutan glukosa 40% melalui pembuluh darah vena dan dilanjutkan dengan infus glukosa 10%. Keterlambatan dalam memberikan pertolongan akan berakibat gangguan fungsi otak.
Jadi, jika ada gejala hipoglikemia, segera bawa pasien ke rumah sakit terdekat. Sudah tentu yang penting adalah mencegah terjadinya hipoglikemia.
Kehidupan penderita yang teratur, baik dalam pola makan, minum obat, maupun olahraga, amat membantu. Selain itu, perlu dipahami cara minum obat atau menyuntik insulin yang benar. Sekarang banyak tersedia informasi dalam bentuk buku petunjuk penatalaksanaan diabetes melitus.
Salah satu buku yang mudah dicerna adalah buku Penatalaksanaan Diabetes Melitus Terpadu yang diterbitkan Pusat Diabetes dan Lipid RS Cipto Mangunkusumo (021-3907703). Nah, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi Anda sekeluarga.
(this article was taken from a health forum in an online newsletter)-- just click the provided link here!

6 comments:

Anonymous said...

Terima kasih banyak atas infonya.
Buku nya bisa di beli dimana ya.
glukometer yg bagus dan murah punya saran buat saya.

Terima Kasih
Jabat Erat

Japri
macjoe78@yahoo.com

bruder aja said...

dear Mac Joe,
thanks buat commentnya tapi sayangnya kami hanya bisa me-refer anda ke www.kompas.com bagian tanya jawab konsultasi kesehatan dimana tempat tersebut juga menjadi sumber kami memuat artikel diatas.

semoga tidak bosan2 berkunjung ke situs kami.

salam

Anonymous said...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]free adobe photoshop cs3 download, [url=http://firgonbares.net/]discount vista software[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] windows xp office software i want to buy software
freeware games for windows xp [url=http://firgonbares.net/]Pro Apple[/url] simulation software canada
[url=http://firgonbares.net/]buy used computer software[/url] filemaker pro buttons
[url=http://firgonbares.net/]quarkxpress layout that is 6 feet tall[/url] buy for photoshop
office software from [url=http://firgonbares.net/]error 1606 coreldraw[/b]

Anonymous said...

[url=http://sunkomutors.net/][img]http://sunkomutors.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]hacked adobe acrobat pro 8 for mac os x, [url=http://sunkomutors.net/]educational software store[/url]
[url=http://sunkomutors.net/][/url] utv software buy cheap microsoft office software
software to buy online [url=http://sunkomutors.net/]cheap downloadable software[/url] nero 9 clean tool
[url=http://sunkomutors.net/]nero 9 torrents[/url] latest macromedia flash software
[url=http://sunkomutors.net/]software office originale[/url] download autocad
coreldraw bit torrent [url=http://sunkomutors.net/]office 2003 activation[/b]

Anonymous said...

[url=http://murudobaros.net/][img]http://murudobaros.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]Mac Box, [url=http://murudobaros.net/]microsoft office 2003 in jacksonville florida[/url]
[url=http://murudobaros.net/]adobe acrobat 9 student[/url] adobe photoshop cs4 extended registration serial number pc adobe picture software
buy software games [url=http://murudobaros.net/]buy cheap software coupon[/url] small shop software
[url=http://murudobaros.net/]Mac OS v10[/url] free kaspersky 1 year
[url=http://murudobaros.net/]sell software source[/url] discount ms office software
discount software house review [url=http://murudobaros.net/]latest software downloads[/b]

Anonymous said...

[url=http://bariossetos.net/][img]http://hopresovees.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]buy dvd player software, [url=http://bariossetos.net/]a shop software[/url]
[url=http://vonmertoes.net/][/url] buy photoshop extended ahead nero
Mac Box Set NEWLY [url=http://bariossetos.net/]buying software online[/url] doenload adobe photoshop cs4
[url=http://bariossetos.net/]buy windows xp pro software[/url] software to purchase in
[url=http://vonmertoes.net/]adobe software for sale[/url] coreldraw duplicate
Extended Mac [url=http://hopresovees.net/]home premium oem software[/b]

Google Translate

Adventist News Network

ReliefWeb: Latest Vacancies (in UN--United Nations)