Tuesday, November 21, 2006

Kulihat Penyakit di Kukuku ...

Kulihat Penyakit di Kukuku ...

Menurut Dr. Tham Siew Nee, konsultan dermatologis di Gleanagles Medical Centre, Singapura, kuku bisa mencerminkan tingkat kesehatan pemiliknya. Dengan melihat kondisi kuku, dapat terdeteksi penyakit yang diderita.

Kuku bisa dijadikan acuan, karena ia kuat dan berfungsi sebagai pelindung yang terbentuk dan protein (keratin). Unsur sama yang membentuk rambut dan bagian terluar kulit. Seperti rambut, kuku yang terlihat itu mati. Namun ia tetap bertumbuh dan hidup dan akar kuku.

Cermin apa yang bisa dilihat dan kuku?
Kuku yang sehat dan baik harus berwarna mawar merah jambu, kuat, bentuknya teratur, dan wajar. Jika warna atau bentuknya aneh menandakan adanya gangguan. "Walaupun dicuci bersih atau diguntingi supaya bentuknya bagus, tidak ada gunanya," jelas Tham.

Berikut ini penyakit apa saja yang tergambar di kuku? Agar lebih akurat, Tham menganjurkan segera berkonsuhasi dengan dokter, untuk mengetahui diagnosis dan perlakuan apa yang dibutuhkan.
Kuku senduk: Kuku yang terlalu tipis dan sisi-sisinya melengkung seperti sendok (koilonychia) menandakan pemiliknya mengidap anemia dan kekurangan zat besi.
Kuku seperti amplas. Bila kuku kasar seperti amplas (pitting), kemungkinan ada eksem dan psoriasis (gangguan pada kulit yang mengakibatkan gatal dan luka). Psoriasis bisa membuat kuku terangkat dan mudah terlepas.
Kuku bergaris horisontal. Jika kuku terbelah garis horisontal, tanda Anda mengalami penyakit serius yang memerlukan operasi besar. Hal ini terjadi karena pertumbuhan di sekitar kutikula terganggu oleh penyakit.

Kuku kuning. Kalau kuku Anda berwarna kuning atau hijau (bukan karena pewarna), serta pertumbuhannya lambat, mungkin saja pernapasan Anda mengalami gangguan, bronkitis kronis, misalnya.
Kuku cekung. Kuku yang cekung dan ujung-ujungnya tenggelam (clubbing) menandakan penyakit paru-paru, jantung, atau gejala kanker paru-paru.

(article was taken from www.republika.co.id)

Jum'at 03 Februari 2006

No comments:

Google Translate

Video

Loading...

Adventist News Network

ReliefWeb: Latest Vacancies (in UN--United Nations)