Monday, November 27, 2006

PRESS RELEASE: PERAWAT INDONESIA BERHASIL MEMENUHI SYARAT LISENSI REGISTERED NURSE (RN) AMERIKA SERIKAT

PRESS RELEASE: PERAWAT INDONESIA BERHASIL MEMENUHI SYARAT LISENSI REGISTERED NURSE (RN) AMERIKA SERIKAT
Jakarta, 7 April 2006
Hari ini adalah hari yang bersejarah bagi dunia keperawatan Indonesia. Untuk pertama kalinya seorang perawat Indonesia berhasil lulus ujian NCLEX-RN di luar Amerika Serikat pada kesempatan ujian yang pertama. Ujian NCLEX-RN adalah merupakan syarat utama untuk mendapatkan lisensi di Amerika Serikat guna bekerja sebagai Registered Nurse (RN). Sebelumnya perawat tersebut telah meluluskan pula ujian resmi bahasa Inggris yang juga merupakan salah satu syarat utama menjadi RN. Seorang Registered Nurse dapat berimigrasi (dengan izin tinggal permanen/”green card”) ke Amerika Serikat bersama seluruh keluarga dan bekerja secara legal dengan kisaran penghasilan $3,000-$4,000 per bulan.
Perawat Indonesia tersebut adalah alumni tahun 2001 Akper Poltekes Dr. Otten Bandung yang sedang mengikuti program InterSource – NurseLinkUSA. Selanjutnya perawat tersebut akan mengikuti proses “Job Matching” dengan institusi kesehatan di Amerika Serikat dan memperoleh izin tinggal tetap sebelum terbang ke AS. Kelulusan ini menjadi sebuah tonggak sejarah bagi keperawatan Indonesia dalam menembus keperawatan global, khususnya Amerika Serikat, terutama mengingat standar persyaratan bekerja di Amerika Serikat sangat tinggi, baik dalam bahasa Inggris maupun keperawatan.
InterSource sebagai konsultan internasional dan pelopor di Indonesia dalam penyelenggaraan kursus persiapan bagi perawat yang hendak berimigrasi ke Amerika Serikat turut berbangga atas keberhasilan ini. Kelulusan ini telah menjawab semua keraguan, “Apakah InterSource benar-benar dapat mempersiapkan perawat Indonesia untuk memenuhi persyaratan lisensi keperawatan di Amerika Serikat?” Tentu saja banyak hambatan dan tantangan yang telah dihadapi dan dilewati oleh InterSource dan klien-klien perawatnya.
Kendala terbesar adalah kemampuan perawat Indonesia untuk berbahasa Inggris yang sangat minim meskipun telah mendapatkan pelajaran bahasa Inggris secara formal dari tingkat SD sampai ke perguruan tinggi. Dengan motto “Partner for a Better Life,” InterSource sejak awal telah berbulat hati dengan penuh komitmen untuk membantu perawat-perawat Indonesia menancapkan tonggak sejarah. Pencapaian ini juga membuktikan bahwa dengan persiapan yang tepat, terstruktur dan sistimatis, perawat-perawat Indonesia sanggup mengukir prestasi di arena internasional.
Persamaan visi dan tujuan InterSource dan para perawat yang mengikuti program NurseLinkUSA adalah kunci sukses. Bentuk implementasi yang nyata dari komitmen InterSource adalah dengan diterapkannya secara eksklusif metode pengajaran dan kurikulum yang khas bagi perawat Indonesia dalam program persiapan bahasa Inggris dan keperawatan. Perjalanan masih panjang. Tetapi di InterSource semua bersepakat bahwa arahnya harus ke depan. Sebuah perjalanan panjang dimulai dengan tindakan nyata yang sederhana, yaitu mulai melangkah saat ini juga!
… Keberanian adalah matahari. Kesabaran adalah bumi. Kesabaran telah berubah menjadi cakrawala, dan perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata. (W.S. Rendra)
Untuk informasi lebih lanjut, harap hubungi Public Relation Department, InterSource, Jakarta Headoffice: Gedung Graha Wijaya, Jl. Melawai IX/6, Jakarta 12160. Telp (021) 727-80247, atau Bandung Branch Office: Jl. Jurang No. 59, Cipaganti, Bandung 40161. Telp: (022) 203-4418.
(taken from www.inna-ppni.or.id)

No comments:

Google Translate

Video

Loading...

Adventist News Network

ReliefWeb: Latest Vacancies (in UN--United Nations)